Memilih jenis usaha yang pas

Posted by Unknown | Thursday, June 23, 2011

Memilih Jenis usaha yang pas bukanlah hal yang mudah. Sebagai pengusaha pemula terkadang bingung ketika harus memilih jenis usaha yang akan dijalaninya, terkait masalah modal, pangsa pasar, tempat yang strategis, skill, dll, yang semuanya itu saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain sebagai syarat utama dalam membuka sebuah usaha.

Modal

Modal bisa dikatakan sebagai salah satu syarat yang paling utama dalam membuka usaha, tanpa modal tentunya akan kesulitan dalam membuka usaha, walaupun ada beberapa jenis usaha yang sama sekali tidak membutuhkan modal, akan tetapi jenis usaha tersebut biasanya membutuhkan skill atau kemampuan khusus yang tidak semuanya orang memiliki. Namun ada juga orang yang memiliki modal cukup akan tetapi orang tersebut tidak tau bagaimana cara menggolangnya.

Pangsa pasar

Pangsa pasar juga tidak kalah penting, dengan cara melakukan analisa pasar, survey kebutuhan lingkungan sekitar, dll. Hal tersebut bisa dijadikan satu patokan untuk menentukan jenis usaha yang pas dan sesuai dengan lingkungan sekitar. Oleh karenanya, pangsa pasar biasanya sangat erat kaitannya dengan lingkungan dan tempat yang strategis dimana kita akan membuka satu usaha. “Orang cerdas akan meletakkan sesuatu pada tempatnya”, jangan sampai kita membuka usaha ditempat yang salah dan tidak sesuai dengan jenis usaha kita, akan sia-sia saja karena usaha yang kita jalankan tidak berjalan maksimal. Seperti contohnya kita membuka toko atau mini market ditempat yang terpencil dan jauh dari lingkungan masyarakat, kira-kira apa yang akan terjadi??? Mungkinkah ada banyak pembeli yang datang? Mungkin saja ada pembeli yang datang, tetapi tidak seramai jika kita membuka toko atau mini market ditempat yang ramai orang. Selain dari pada itu, jenis produk atau jasa yang akan kita jual pun harus sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Jika tempat usaha kita strategis dan jenis produk atau jasanya pun sudah sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar, maka bukan barang tidak mungkin usaha kita akan lancar dan bisa berkembang pesat.