Memilih jenis usaha yang pas

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Thursday, June 23, 2011

Memilih Jenis usaha yang pas bukanlah hal yang mudah. Sebagai pengusaha pemula terkadang bingung ketika harus memilih jenis usaha yang akan dijalaninya, terkait masalah modal, pangsa pasar, tempat yang strategis, skill, dll, yang semuanya itu saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain sebagai syarat utama dalam membuka sebuah usaha.

Modal

Modal bisa dikatakan sebagai salah satu syarat yang paling utama dalam membuka usaha, tanpa modal tentunya akan kesulitan dalam membuka usaha, walaupun ada beberapa jenis usaha yang sama sekali tidak membutuhkan modal, akan tetapi jenis usaha tersebut biasanya membutuhkan skill atau kemampuan khusus yang tidak semuanya orang memiliki. Namun ada juga orang yang memiliki modal cukup akan tetapi orang tersebut tidak tau bagaimana cara menggolangnya.

Pangsa pasar

Pangsa pasar juga tidak kalah penting, dengan cara melakukan analisa pasar, survey kebutuhan lingkungan sekitar, dll. Hal tersebut bisa dijadikan satu patokan untuk menentukan jenis usaha yang pas dan sesuai dengan lingkungan sekitar. Oleh karenanya, pangsa pasar biasanya sangat erat kaitannya dengan lingkungan dan tempat yang strategis dimana kita akan membuka satu usaha. “Orang cerdas akan meletakkan sesuatu pada tempatnya”, jangan sampai kita membuka usaha ditempat yang salah dan tidak sesuai dengan jenis usaha kita, akan sia-sia saja karena usaha yang kita jalankan tidak berjalan maksimal. Seperti contohnya kita membuka toko atau mini market ditempat yang terpencil dan jauh dari lingkungan masyarakat, kira-kira apa yang akan terjadi??? Mungkinkah ada banyak pembeli yang datang? Mungkin saja ada pembeli yang datang, tetapi tidak seramai jika kita membuka toko atau mini market ditempat yang ramai orang. Selain dari pada itu, jenis produk atau jasa yang akan kita jual pun harus sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Jika tempat usaha kita strategis dan jenis produk atau jasanya pun sudah sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar, maka bukan barang tidak mungkin usaha kita akan lancar dan bisa berkembang pesat.

Read more.....

Cara memverifikasi Klaim Token Technorati

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Monday, June 13, 2011 | 22 comments »

Sebelum saya membahas cara memverifikasi Klaim Token Technorati, ada keinginan untuk sedikit menjelaskan apa itu Technorati?
Apakah sebetulnya technorati itu?? Setelah saya mengamati, memperhatikan dan menimbang aknirnya saya memutuskan.... ternyata tachnorati itu seperti search engine nya Blog, dari cara kerjanya sama seperti google atau yahoo search engine, karena Technorati sifatnya menjelajah dan mengindex website-website yang ada di dunia internet, akan tetapi yang terindex di direktori technorati hanya blog saja.
Saya kira begitulah Technorati, mohon koreksi lagi kalo ada yang kurang.

Bagaimanakah cara memverifikasi klaim token technorati setelah kita mendapatkan kode unik hasil dari claim blog yang telah kita daftarkan sebelumnya?? Sebetulnya caranya mudah saja, ketika blog kita sudah didaftarkan di technorati dan kita klaim, kita akan mendapatkan kode unik yang dikirimkan ke e-mail kita, contoh kodenya seperti ini MMU66DM48GGK kode tersebut adalah kode unik dari blog ini setelah blog ini saya daftarkan ke technorati.

Setelah kode unik itu kita dapatkan, kita tinggal bikin posting baru seperti ini, lalu tinggal kita cantumkan saja kode tersebut di posting yang baru, terus jangan lupa kita publish agar technorati dapat mendeteksi kode unik tersebut, hal ini dikarenakan technorati akan memverifikasi kode yang telah kita cantumkan, dan meyakinkan bahwa blog yang tadi kita daftarkan adalah benar-benar milik kita.

Sesudah itu, kita kembali ke situs technorati lagi untuk meng-klik tombol "Verify Claim Token" agar blog kita dapat segera ditelusuri dan dicek oleh team technorati.

Read more.....

Bank Sampah bisa dijadikan lahan bisnis

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Tuesday, June 07, 2011 | 2 comments »

Ketika berbicara soal lingkungan tidak bisa lepas dari yang namanya sampah, sejauh ini sampah memang menjadi kendala yang belum ditemukan solusinya. Pengertian sampah sendiri adalah sesuatu atau barang yang sudah tidak diperlukan dan dipergunakan lagi oleh orang. sehingga konotasi masyarakat sendiri tentang sampah adalah negatif karena sesuatu yang tidak berguna lagi dan dibuang. Padahal kalo kita telaah lebih jauh lagi, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari sampah itu sendiri. Hanya saja mungkin tidak semua masyarakat berfikir sejauh itu. Manfaat apa sajakah yang bisa kita ambil dari sampah??

manfaat sampah bisa kita lihat dari jenis sampah itu sendiri. adapun jenis sampah secara umum dibagi menjadi 2 macam :
  1. Sampah Organik, adalah Sampah yang berasal dari makhluk hidup atau alami, seperti tumbuh-tumbuhan, kulit buah, daun-daun, sisa sayuran, dll.
  2. Sampah non organik, adalah sampah yang berasal dari sumber daya alam tak terbaharui seperti minyak tanah, mineral, dll. Atau sampah yang berasal dari hasil perindustrian, misalnya, plastik, botol, kaleng, besi, seng, dll.
Jelas sudah manfaat apa saja yang bisa kita ambil dari 2 jenis sampah di atas. Misalnya Sampah Organik bisa kita jadikan kompos, dan Sampah Non Organik bisa kita pergunakan untuk kerajinan tangan sehingga bisa digunakan lagi, misalnya tas dari plastik, rompi dari plastik, pot bunga dari botol-botol bekas, dll.


Kalo kita melihat dari sisi manfaat-manfaat di atas, bukan barang tidak mungkin bahwa sampah bisa menghasilkan uang dan dapat dijadikan sebagai bisnis atau usaha, asalkan kita tau cara mengolahnya. Bagaimana cara mengolah sampah-sampah tersebut? Sebuah terobosan baru yang telah dilakukan oleh sekolompok masyarat dusun Bandegan, Bantul, DI Yogyakarta, dengan membuat "Bank Sampah", memang Bank yang satu ini terdengar sedikit aneh ditelinga kita, bagaimana tidak, sampah yang biasanya yang tidak ada gunanya dan dibuang begitu saja tetapi di Bank Sampah tidak demikian. Dengan adanya Bank Sampah di dusun tersebut, masyarakat dihimbau untuk menabung tetapi dalam bentuk sampah yang sudah dikelompokkan sesuai jenisnya. Masyarakat juga mendapatkan layanan layaknya nasabah bank, yakni medapatkan buku tabungan dan no rekening serta nominal rupiah yang tertera dalam buku tabungannya masing-masing sejumlah nilai sampah yang telah disetorkannya pada bank sampah.


Pengolahan Sampah dengan cara demikian dapat dijadikan sebagai lahan bisnis, atau lahan usaha, serta pilihan solusi yang tepat dan cerdas, karena tidak ada pihak yang merasa dirugikan, bahkan masyarakat kecilpun merasa diuntungkan dengan adanya bank sampah, lingkunganpun terselamatkan dari sampah, dan paling tidak masalah sampah yang membingungkan ada alternatif penyelesaiannya.

Read more.....

Young people do not risk starting a business

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Sunday, June 05, 2011

Enterprising Germans are not more likely. Compared with people from other countries, this country only a few tend to start a business. And the trend seems to be the new report by Global Entrepreneurship Monitor (GEM), which was from the Institute of Economic and Cultural Geography at the University of Hannover and the Institute for Labour Market and Employment Research (CIS) was compiled, also to be different.

In Germany in the last 3.5 years, 4.2 percent of people between 18 - and 64-year-old founded a company, or were well on the road. Even the lower the ratio, especially in Italy, but also in Japan, Belgium and Denmark. In other comparable countries do much more to be independent, in the U.S. and the Netherlands, Great Britain, Ireland, South Korea, Norway and Australia are six times more, even in Iceland more than 10 percent. German considered pessimistic and risk averse. Whereas there is good infrastructure and business support are considered relatively good, but in the schools would be carried out no preparation, social values are not conducive to starting a business, also new companies also have little chance of orders .

However, the situation is so bad, because when it comes to business creation or intention of his case, Germany is well in midfield, while Japan and especially in Italy, here also ranked at the bottom. Since he won by different cultures, which is seen in the fact that immigrants in Germany significantly more often as a German company. One in four of the founders have to study based on surveys of immigrants. While 4.2 percent among non-migrants, there is a 7 percent among immigrants. This obviously plays to the result is not so important that unemployment is higher among migrants. Although most German immigrants say they are for lack of creating alternative enterprises, but the difference is not very large.

One would think that immigrants who leave their homeland and given the quest to start a new life in another country, are willing to take risks. In this sense, but is the difference between migrants and non migrants. It is possible that immigrants take low risk aversion of the Germans, then one might expect. The orientation of ethnic networks that fear of discrimination and lower binding in the institutions could support the inclination to entrepreneurship, the authors speculate. This could also talk about having the "native grounds" 37 percent have a college degree, among the migrants, only 12 percent, from which one could conclude that migrants companies' less innovative and less than media "were.

After the interviews this is confirmed or not. Rather it seems that the creation of companies employed more immigrants. It appears that immigrants are good for German culture and ensure greater economic initiative. Although not as strong evidence of increased risk of unemployment as the reason, say the authors:

"Immigrants are what make a virtue of necessity. Through their professional autonomy on the one hand they promote their own personal monetary integration in Germany, on the other hand, are making an important contribution to the German economy."

The reason may also be important, because obviously, young people in Germany have less and less desire to participate in the adventure of starting a business. 2002, 14 percent of all the founders of 18 - to 24-year-old of 2010, there were only 3.5 percent: "The magnitude of this phenomenon is higher in Germany than in other countries and can not be alone the induced population decline in the population of these age groups justified, "say the authors. Besides this phenomenon to be rather depends, as a matter of setting something in the legs, the reasons would be interesting.

Read more.....

Management Business

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Sunday, June 05, 2011

Sukses Adalah Guru Yang Jelek

Kita belajar paling banyak tentang diri kita ketika gagal, jadi.... jangan takut gagal. Gagal adalah bagian dari proses untuk menjadi sukses. Kita tidak bisa sukses tanpa mengalami kegagalan. Orang yang tidak berhasil adalah orang yang tidak pernah gagal.

Sering kali orang memandang kegagalan hanya dari sudut pandang yang negatif, padahal apabila kita menyadarinya dibalik kegagalan itu tersimpan segudang pelajaran untuk diri kita, dibalik kegagalan itu kita dapat belajar dan membangun sebuah sistem dalam perusahaan yang lebih efektif lagi. Tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa kegagalan itu adalah sebuah kehancuran dan sesekali memberikan efek jera tehadap mereka. Dengan kegagalan kita akan lebih tau bagaimana caranya menuju kesuksesan, ibarat balita yang sedang berlajar berjalan, dia akan tau bagaimana caranya berjalan ketika dia terjatuh.

Temukan Ambisimu

"Apakah anda benar-benar ingin maju?"
"Apakah Anda sudah melupakan tujuan yang ingin anda capai?"

Ketika orang mengalami kesulitan dalam finansial atau mengalami kebangkrutan dalam usaha, hal itu biasanya disebabkan karena orang tersebut lebih mengkhawatirkan keselamatannya sendiri daripada mempertahankan mimpinya, rasa takutlah yang menyingkirkan ambisinya. Cara terbaik supaya kita bisa terus maju adalah dengan mempertahankan nyala api dalam hati kita, selalu ingat tujuan yang ingin kita capai, dan perjalanan kita akan menjadi mudah. Kalau mulai mengkhawatirkan diri kita sendiri, rasa takut akan mulai menggerogoti jiwa kita. Ambisi membangun bisnis, bukan rasa takut.

Read more.....

Pengenalan Dasar Tentang Komponen HandPhone ( Part II )

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Saturday, June 04, 2011 | 9 comments »

Pada Postingan sebelumnya "Pengenalan Dasar Tentang Komponen HandPhone" kita sudah membahas tentang komponen pasif. Nah.... sekarang saya akan membahas lanjutannya, yaitu membahasa tentang komponen aktif. Apa sih komponen aktif itu??? Cekidot...!!!

b. Komponen Aktif

Komponan Aktif adalah komponen yang berfungsi untuk memberdayakan energy listrik pada komponen ketika diberi atau dilewati oleh muatan (arus) listrik sehingga dapat bekerja dan menyesuaikan dengan arus bias pada komponen pasif. Adapun yang termasuk komponen aktif adalah sbb:

1. Dioda

Dioda bersifat mengantarkan arus searah sehingga pada dasarnya berfungsi sebagai penyearah, artinya arus listrik hanya dapat mengalir satu arah dari katoda ke anoda saja atau dari anoda ke katoda saja. Sisi positif dioda disebut anoda sedangkan sisi negative dioda disebut katoda. Namun ada juga jenis diode yang dapat menghantarkan arus listrik secara terbalik sesuai ambang batas tegangan zenernya, diode jenis ini disebut diode zener dan berfungsi sebagai regulasi tegangan atau dapat juga berfungsi sebagai pembatas tegangan. Satu lagi jenis diode yaitu LED (Light Emiting Dioda) yaitu jenis diode yang dapat menghasilkan cahaya ketika dialiri arus listrik.

2. Transistor

Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya atau tegangan inputnya, memungkinkan pengaliran listrik yang sangan akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal. Tegangan atau arus yang dipasang di satu terminalnya mengatur arus yang lebih besar yang melalui 2 terminal lainnya. Transistor adalah komponen yang sangat penting dalam dunia elektronik modern. Dalam rangkaian analog, transistor digunakan dalam amplifier (penguat). Rangkaian analog melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil, dan penguat sinyal radio. Dalam rangkaian-rangkaian digital, transistor digunakan sebagai saklar berkecepatan tinggi. Beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai logic gate, memori, dan komponen-komponen lainnya.

3. IC (Integrated Circuit)

IC adalah merupakan komponen yang tersusun dari beberapa komponen yang dirangkai menjadi satu yang terintegrasi dalam bentuk sebuah chip. Menurut fungsi dasarnya IC berfungsi untuk memperingkas input dan output dari sebuah rangkaian, namun menurut jenisnya IC akan berfungsi bermacam-macam tergantung rangkaian yang diintegrasikannya.
Adapun jenis-jenis IC dan fungsinya adalah sbb :

* IC POWER / IC UEM

IC ini berfungsi sebagai pengatur suplay energi untuk setiap komponen IC lainnya, namun pada perkembangan teknologi, karakter IC power diperluas fungsinya sebagai pengatur power, audio, pengisian baterai (Charging), dll, atau lebih dikenal lagi dengan nama UEM (Universal Energy management). Pada golongan UEM, IC ini memiliki memory data berupa tempat penyimpanan IMEI ponsel. IC power memiliki kaki-kaki (pin) bola timah atau disebut juga sebagai BGA (Ball Grid Array), apabila salah satu dari pin IC power ini longgar atau berkarat, maka mekanisme ponsel akan mengalami gangguan.

Pada jenis posel nokia DCT-4 dan WD-2 IC ini disebut IC UEM dengan beberapa fungsi sbb :

- Power Suplay
- Control Charging
- UI Driver
- Multi Media Converter
- Audio Amplifier
- Eeprom
- Dll
  
Pada jenis ponsel DCT-3 IC ini disebut IC CCONT dengan fungsi sbb :

- Power Suplay
- Booster SIM Card

*IC CPU / UPP

IC CPU (Central Processor Unit) adalah salah satu IC yang tergolong sangat penting dalam kinerja sebuah ponsel, karena IC ini memiliki fungsi yang sangat fital, yaitu sebagai penginstruksi operasi untuk memerintah semua system kerja dari unit lain untuk menunjang kinerja ponsel agar lebih baik dan cepat. Kalo kita ibaratkan sebuah ponsel adalah manusia, maka IC CPU sama halnya seperti otak manusia, yang mana di  dalam otak tersebut terdapat pusat syaraf untuk memerintahkan anggota tubuh yang lainnya. Apabila IC CPU ini rusak, maka kinerja sebuah ponsel tidak akan sempurna, bahkan bisa juga menyebabkan mati total (matot).

* IC FLASH (ROM)

IC ini berfungsi sebagai penyimpanan data secara permanen, yang mana data-data tersebut tidak akan hilang datanya meskipun daya dimatikan (nonvolatile), IC Flash akan terisi data-data penting, adapun data-data tersebut terdiri dari MCU dan PPM, data MCU berisikan data-data Operating System (OS), sedangkan data PPM berisikan data-data tampilan, language pack (paket bahasa), ringtone, dll. Data-data yang tersimpan di dalam IC Flash bukan hanya data operating system saja, terdapat juga data CP (Content pack) dan user area yang menyimpan data-data fitur yang terdapat pada ponsel seperti : Game, aplikasi, wallpaper, foto, film, phonebook, dll.

Menurut sifatnya IC ini tergolong IC memory karena dapat menyimpan data, adapun cara untuk pengisian datanya bisa dilakukan dengan cara flashing dengan menggunakan computer. Kerusakan yang sering terjadi pada IC Flash misalnya blink, contact service, matot, dsb. Namun kerusakan seperti ini belum tentu rusak secara hardwarenya, mungkin saja rusak secara softwarenya, dalam arti IC Flash tersebut normal akan tetapi data-data program yang tersimpan di dalamnya mengalami kerusakan (Corupt) atau bermasalah, solusinya IC Flash tidak perlu diganti melainkan data-data program yang telah error tersebut harus dihapus dan diisikan kembali (Re Flash) menggunakan computer.

Sedangkan menurut fungsinya IC Flash ini sangat menentukan sekali kinerja IC CPU, karena sebelum IC CPU menginstruksikan perintah terhadap komponen-komponen IC yang lainnya, IC CPU diharuskan mengambil data-data perintah dari Operating System (OS) yang terdapat di dalam IC Flash. Oleh karena itu, tanpa data-data yang tersimpan di dalam IC Flash maka CPU tidak akan bekerja dengan baik dan kinerja ponsel pun tidak sempurna.

* EEPROM (Electrically Erasable Programable Read Only Memory)

EEPROM mempunyai tugas untuk menyimpan data informasi yang sudah diprogram oleh pabrik ponsel itu sendiri dan bersifat nonvolatile. Biasanya EEPROM ini sudah terintegrasi dengan IC UEM.

Adapun data-data yang tersimpan di dalam EEPROM diantaranya :

- No IMEI (International Mobile Equiptment Identifier)
- Security Code
- ESN (Electronic Serial Number)
- MIN (Mobile Identification Number)
- SIC (System Identification Code)

* RAM (Random Acces Memory

IC RAM berfungsi untuk menyimpan data-data yang sifatnya sementara, penyimpanan data pada RAM disebut Write Operation (Operasi Tulis), sedangkan pendeteksian dan pemanggilan data dari RAM disebut Read Operation (Operasi Baca). Karena penyimpanan data-data didalam RAM bersifat sementara, maka disebut memory volatile, yang mana data akan hilang apabila tidak ada arus listrik (daya).

* Audio Proseccor

Audio Processor adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai penguat sinyal suara untuk ke speaker atau dari mic. Karena sinyal suara yang pada sebelumnya sangat lemah maka sebab itu sinyal tersebut perlu dikuatkan oleh IC Audio agar dapat diteruskan ke speaker, begitu pula dengan sinyal suara yang dihasilkan oleh mic sangat rendah amplitudonya, maka agar dapat diterima oleh IC RF, sinyal tersebut harus dikuatkan terlebih dahulu sehingga menghasilkan suara yang dapat diterima oleh telinga manusia.

* IC RF (Radio Frequebcy)

IC ini berfungsi untuk mengolah sinyal secara terpadu, sekaligus memperkuat selisih sinyal yang diperlukan pada saat pemancaran dan penerimaan, kemudian sinyal tersebut diatur dan disesuaikan agar dapat diubah menjadi bentuk suara atau data tampilan.

Pada jenis ponsel nokia DCT-4 dan WD-2, IC ini dinamakan IC Mjolner dan Helga, dengan fungsi sbb :

- Processor RF
- LNA (Low Noise Mplifier)

Pada Jenis ponsel nokia DCT-3, IC ini dinamakan IC Hagar, dengan fungsi sebagai Processor RF (Buffer).

Proses pengolahan sinyal terbagi dalam 2 proses, yaitu :

1. Modulation (mixing/pencampur), yaitu proses mixing pada bagian transceiver (pemancaran) antara sinyal suara/data dengan sinyal pembawa yang diproses oleh IC RF agar sinyal tersebut bisa dikirim ke Operator (BTS).

2.Demodulation (pemisahan sinyal suara/data dengan sinyal pembawa) yaitu proses pemisahan pada bagian receiver (penerimaan) antara sinyal suara/data dengan sinyal pembawa. Karena pada bagian ini, sinyal yang diterima ponsel dari Operator masih tercampur dengan sinyal pembawa, oleh karena itu sinyal tersebut harus dipisahkan dulu agar dapat diolah oleh IC audio untuk diproses lalu diteruskan ke speaker.

Selain dari fungsi di atas, IC RF juga berfungsi sebagai processor clock 13MHz, yaitu pemrosesan denyut 13MHz untuk denyut IC CPU, karena untuk bekerjanya IC CPU, memerlukan denyut sebesar 13MHz yang mana denyut tersebut diproses oleh IC RF yang dihasilkan oleh Crystal Oscillator 26MHz.

* IC PA (Power Amplifier)

PA ini berfungsi sebagai penguat sinyal terakhir, yang mana sinyal tersebut akan dipancarkan ke BTS, karena sinyal data informasi yang terlah termodulasi dengan sinyal pembawa harus betul-betul kuat agar dapat diterima dengan baik oleh BTS. Selain berfungsi sebagai penguat sinyal, PA juga berfungsi mengunci sinyal agar terjadi komunikasi dua arah.

Apabila kinerja PA tidak baik biasanya akan mengakibatkan borosnya baterai, sebab PA membutuhkan daya yang cukup besar.

* VCO (Voltage Control Oscilator)

VCO berfungsi karena adanya AFC, dimana AFC digunakan untuk mengunci transceiver frequency pada base station. AFC-Voltage dihasilkan multi mode converter oleh 11Bit D/A Converter. Rangkaian ini didukung karena menggunakan VCO, yang mana VCO akan menghasilkan getaran sebesar 3420 – 3840 MHz. Dimana frekuensi tersebut akan diolah oleh RF Proccesor untuk proses PLL yang akan menghasilkan pemancaran ataupun penerimaan yakni untuk frekuensi 900-1800 MHz.

System ini didukung karena adanya VCTXO (Voltage Controlled Temperature Compenseted Crystal Oscilator). VCTXO akan menghasilkan denyut sebesar 26 MHz. system ini ada pada Crystal Oscilator.

* Crystal Oscilator 26 MHz

Crystal Oscilator adalah salah satu komponen yang termasuk penting yang terdapat di dalam ponsel dimana fungsi komponen tersebut adalah untuk menghasilkan denyut sebesar 26 MHz yang kemudian denyut tersebut diproses oleh RF Proccesor dan kemudian menghasilkan denyut sebesar 13 MHz untuk denyut system logic pada IC CPU, untuk jalannya system digital pada baseband, terutama CPU.

* Control Charging

Control Charging berfungsi sebagai pengontrol pengisian baterai pada sebuah ponsel. Prinsip kerjanya yaitu daya yang akan diterima oleh baterai ponsel dari travo charger akan diproses terlebih dahulu oleh control charging. Control charging diperintahkan oleh CPU agar dapat bekerja secara otomatis, dimana daya akan diberikan kepada baterai bilamana tegangan baterai di bawah batas maksimum, dan daya tidak akan diberikan bilamana tegangan pada baterai sudah berada pada batas maksimum.

* UI (User Interface)

UI (User Interface) adalah bagian yang akan menghubungkan informasi dari system ponsel kepada pengguna atau sebaliknya secara langsung.

Adapun komponen-komponen yang selalu berhubungan dengan pengguna ponsel salah satunya yaitu seperti :

- Keypad
- LCD
- Buzzer
- Vibrator
- Lampu LED
- Dll.


Read more.....

Pengenalan Dasar Tentang Komponen HandPhone

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Friday, June 03, 2011 | 2 comments »

Nah.... Ini nih..... yang namanya HandPhone (Anak kecil juga tau Kalleee.... hehe). Sekilas pengenalan tentang HandPhone, hp, atau ponsel. Asal kita tau, jaman sekarang jamannya teknologi yang semakin maju, sebut saja teknologi komunikasi yang sudah mulai berkembang di Indonesia salah satunya adalah HandPhone, atau telepon genggam, atau HP, atau ponsel. Istilah HandPhone mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, seiring zaman perkembangannya yang sangat pesat hingga istilah HandPhone mampu masuk sampe ke pelosok desa. Jadi.... kalo dulu HandPhone itu hanya dimiliki oleh orang-orang elit, tapi sekarang orang-orang yang ekonominya menengah kebawah pun sudah mampu beli HandPhone karena harganya sudah relatif murah, apalagi jaman sekarang sudah banyak HandPhone china, harganya relatif murah plus fitur-fiturnya gak kalah saing dengan merk lain.

Tapi sekarang yang jadi permasalahan adalah bagaimana kalo ponselnya rusak??? Nah.... kalo rusak brati harus diservice atau direparasi, atau alternatif lain di LEM BIRU (LEMpar Beli yang baRU) kekekeke...... Untuk mereparasi sebuah ponsel tidak semua orang bisa, butuh keahlian khusus, paling tidak harus punya pengenalan dasar tentang komponen ponsel, iya.... inilah yang akan kita bahas.

Pengenalan komponen pada ponsel

Di dalam sebuah ponsel terdapat yang namanya Hardware dan software. Kalo kita ibaratkan sebuah ponsel itu sebagai manusia, maka hardware adalah raga dan software adalah ruh atau jiwanya, dimana software terdapat di dalam hardware sama halnya ruh terdapat di dalam raga sebagai penunjang aktifitasnya, hardware dan software tidak bisa dipisahkan satu sama lain, keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Namun kali ini kita hanya akan membahas pada bagian hardware nya saja dulu.

1. Hardware

Konstruksi perangkat keras yang kita sebut juga sebagai hardware pada ponsel dari komponen elektronika yang dapat kita golongkan menjadi dua, yaitu komponen pasif dan komponen aktif.

a. Komponen Pasif

Komponen Pasif adalah suatu komponen yang bekerja ketika diberikan energy listrik dan mampu mengeluarkan energy tersebut, tetapi dalam batasan periodenya.

Komponen hardware ponsel yang termasuk komponen pasif adalah sebagai berikut :

1. Resistor

Resistor adalah komponen yang berfungsi sebagai pengatur daya pada rangkaian dan bersifat melawan arus listrik, atau bisa juga sebagai hambatan arus listrik, dengan kata lain resistor berfungsi untuk membatasi atau menghasilkan besaran arus listrik tertentu melalui nilai resistensinya masing-masing. Menurut fungsinya, resistor pada ponsel terbagi menjadi dua, yaitu sebagai pengatur daya dan sekring (fuse).

Pada banyak kasus, komponen ini dapat diangkat (tidak dipasang lagi), untuk kemudian dijumper/short pin/By pass jalurnya, dengan syarat tidak menghubungkan jalur (+) dengan (-), atau dapat juga diganti dengan resistor lain yang cukup mendekati nilai resistensinya. Dalam kasus repair ponsel resistor dilambangkan dengan huruf R dan satuannya ohm(Ω).

Contoh pada kasus : Switch On-off pada ponsel Nokia umumnya dihubungkan ke Resistor pembatas arus menuju PWONX IC UEM/Power. Nah ... jika resistor ini rusak/terbakar (nilai resistansi menjadi sangat besar alias tidak terbatas) atau resistor terangkat/terbang akibat "kecelakaan" saat proses bongkar-pasang hardware On-Off, maka Arus trigger (pd ponsel nokia umumnya menggunakan arus Grounding) yg seharusnya mengalir ke IC UEM menjadi tidak ada sama sekali saat Switch On-Off ditekan. Alhasil .... Ponsel tidak mau Menyala.

Solusi : kasus tsb dapat segera diselesaikan dgn jumper/short/By-pass jalurnya sehingga arus trigger yg diperlukan dapat mengalir secara langsung ke bagian PWRONX IC UEM/Power dan men-trigger rangkaian untuk menyala/bekerja.

Perhatian : Anda harus mengetahui & mengerti lebih lanjut rangkaian pada area kerja resistor, sehingga mengetahui fungsi lebih lanjut dari resistor tsb, sebelum memutuskan utk melakukan jumper. Jika tidak mengerti, maka rangkaian malah akan mendapatkan arus yg melebihi ambang batas kerja atau rangkaian malahan akan terhubung-singkat .... DAN MEMBAHAYAKAN Komponen serta rangkaian secara lebih luas !!

2. Kapasitor/Kondensator

Kapasitor merupakan komponen elektronika yang sifat utamanya adalah menyimpan muatan listrik, kemudian dapat melepaskan kembali muatannya sesuai dengan periodanya, dan mudah melewatkan sinyal AC serta memblok sinyal DC. Oleh karena itu kapasitor digunakan untuk pewaktu sederhana. Kemampuan kapasitor untuk dapat menyimpan muatan listrik disebut kapitansi dan satuannya adalah farad. Namun didalam praktek reparasi ponsel satuan farad (F) dianggap sangat terlalu besar, sehingga dalam pemakaiannya satuan farad diperkecil lagi menjadi

Mikro Farad (µF)

Nano Farad (nF)

Piko Farad (pF)

Perbandingan satuan-satuannya adalah sbb :

1 Farad (F) = 1.000.000 µF (µF=mfd)

1 mikro Farad (µF) = 1.000 nF

1 nano Farad (nF) = 1.000 pF

Sehingga jika diketahui suatu kapasitor bernilai 0.000 000 001 x 1 F = 0.001 µF (mikro Farad) = 1 nF (nano Farad) = 1.000 pF (piko Farad)

Jika kapasitor berkode 474 berarti nilainya adalah 470.000 (angka 0 berjumlah 4) dan setara dengan 470 nF atau 0.47 µF. Maka jika nilai yang tertulis pada skema 10N berarti 10.000 nano Farad, dan jika pada skema ditulis 2N2 berarti nilainya 2200 nano Farad.

Contoh : Kapasitor

4µ7 dibaca 4.7 mikro Farad

3n3 dibaca 3.3 nano Farad

2p2 dibaca 2.2 piko Farad

Terdapat banyak jenis kapasitor, namun secara dasar, kapasitor hanya di bedakan dalam 2 jenis kapasitor, yaitu kapasitor polar dan kapasitor non polar.

Kapasitor polar merupakan kapasitor yang kaki-kakinya memiliki kutub positif (+) dan negative (-), oleh karenanya pada badan skematik maupun badan komponen itu sendiri umumnya diberi tanda polarisasi (+) dan (-), sehingga didalam pemasangannya tidak boleh terbalik. Sedangkan kapasitor non-polar merupakan kapasitor yang kaki-kakinya tidak ditentukan berdasarkan kutub (+) dan (-)

Di dalam kasus repair ponsel kapasitor biasanya dilambangkan dengan (C).

3. Induktor (Lilitan)

Induktor merupakan komponen yang memiliki fungsi hampir sama dengan kapasitor. Bedanya induktor tidak terbuka pada arus DC.

4. Transformator

Transformator pada rangkaian ponsel berfungsi sebagai penyesuai daya pada bagian frekuensi radio. Komponen ini dapat mengatur tegangan yang diperlukan pada rangkaian radio RF dan TF.

Wew..... udah panjang banget nih, capek juga ngetiknya. Masih ada lagi pembahasan tentang komponen Aktif, tapi berhubung tangannya udah capek maka sementara kita stop dulu, istirahat sejenak baru kita lanjut lagi.

Read more.....

PENTING!!! Cara Cepat Mendapatkan Backlink

Posted by Abdullah Abdul Aziz | Wednesday, June 01, 2011 | 2 comments »

Salah satu cara dalam rangka meningkatkan traffic blog dimata search engine adalah dengan membangun Internal link dan External link.Internal link adalah link dalam satu website/blog ,Sedangkan External Link adalah menambah one way backlink (Link satu arah) ke blog/situs kita.
Jika Blog Anda ingin kebanjiran traffic pengunjung secara luar biasa dan signifikan dengan link satu arah ke blog/situs anda,silahkan pelajari dengan seksama artikel dibawah ini.


Ingat Agar proses ini berjalan sempurna dibutuhkan kejujuran anda,kekuatan terletak pada kejujuran anda,semakin anda jujur semakin banyak backlink yang anda dapatkan!
Mari kita buktikan…apakah konsep kejujuran disini dapat kita gunakan untuk menghasilkan traffic dan popularity yang sangat hebat dari sebuah metode rumit para ahli webmaster atau pakar SEO?
Caranya sangat mudah,Anda hanya perlu meletakkan link-link berikut ini di blog atau artikel anda:
  1. Detik.com
  2. Cafe Bisnis
  3. Panduan Belajar WordPress
  4. Samudro.com
  5. ZapuZapu.co.cc
  6. Indonesia-Bangkit
  7. Music&movies Blog
  8. Istiqlal dutanet
  9. World Web Design Q 
  10. Business Information And Technology 

Sebelum anda meletakkan link-link diatas dipostingan blog anda, anda harus menghapus peserta nomor 1 dari daftar. Sehingga semua peserta naik 1 level. Yang tadi nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi 2, begitu seterusnya.Kemudian masukkan link anda sendiri di bagian paling bawah
(nomor 10).
Jika tiap peseta mampu mengajak bergabung 5 orang saja, maka jumlah backlink yang akan didapat adalah:
Ketika posisi anda 10, jumlah backlink = 1
Posisi 9, jml backlink = 5
Posisi 8, jml backlink = 25
Posisi 7, jml backlink = 125
Posisi 6, jml backlink = 625
Posisi 5, jml backlink = 3,125
Posisi 4, jml backlink = 15,625
Posisi 3, jml backlink = 78,125
Posisi 2, jml backlink = 390,625
Posisi 1, jml backlink = 1,953,125

Dan semuanya menggunakan kata kunci yang anda inginkan. Dari sisi SEO anda sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efek sampingnya jika pengunjung web/blog downline anda mengklik link itu, anda juga mendapatkan traffic tambahan. Hebat bukan?

Nah,silahkan copy-paste artikel ini, dan hilangkan peserta nomor 1 lalu tambahkan link web/blog anda di posisi 10. Ingat, anda harus mulai dari posisi 10 agar hasilnya maksimal. Karena jika anda tiba2 di posisi 1, maka link anda akan hilang begitu ada yang masuk ke posisi 10.

Read more.....